Menentukan Data dan Sumber Data Penelitian
Pada bagian Metode Penelitian Bab 3, peneliti perlu memahami data dan sumber data yang akan digunakan dalam penelitian. Data yang dikumpulkan dan sumber datanya sangat penting karena berpengaruh langsung pada validitas hasil penelitian. Bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang melakukan penelitian, pemahaman tentang jenis data dan cara memilih sumber data yang tepat menjadi dasar dalam menyusun penelitian yang sistematis.
1. Pengertian Data dalam Penelitian
Data adalah informasi yang dikumpulkan dan diolah dalam penelitian untuk menjawab pertanyaan atau tujuan penelitian. Data dibedakan menjadi dua jenis utama, yaitu:
- Data Primer: Data yang diperoleh langsung dari subjek penelitian, biasanya melalui metode seperti wawancara, kuesioner, atau observasi.
- Data Sekunder: Data yang diperoleh dari sumber-sumber lain yang relevan, seperti buku, jurnal, artikel, dan dokumen lainnya.
2. Pengertian Sumber Data dalam Penelitian
Sumber data adalah asal dari informasi yang dikumpulkan dalam penelitian. Berdasarkan jenis data, sumber data dapat dibagi menjadi dua jenis:
- Sumber Data Primer: Individu atau kelompok yang langsung memberikan informasi yang diperlukan, seperti siswa, guru, atau narasumber lain dalam penelitian.
- Sumber Data Sekunder: Sumber yang menyediakan data tidak langsung, seperti dokumen tertulis, arsip, atau referensi lain yang terkait.
3. Cara Menentukan Data dan Sumber Data pada Penelitian Siswa SMP
Menentukan data dan sumber data dapat dilakukan dengan cara berikut:
- Menetapkan Jenis Data: Tentukan data yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Misalnya, jika penelitian berfokus pada persepsi siswa terhadap teknologi, maka data yang dibutuhkan bisa berupa hasil survei atau wawancara dengan siswa.
- Menentukan Sumber Data yang Tepat: Sumber data disesuaikan dengan jenis data. Jika memerlukan data primer, maka siswa atau guru bisa menjadi sumber data langsung. Untuk data sekunder, buku atau artikel yang relevan dengan topik dapat menjadi rujukan.
- Memilih Teknik Pengumpulan Data yang Sesuai: Pilih teknik pengumpulan data seperti kuesioner, wawancara, atau observasi sesuai dengan kebutuhan penelitian.
4. Contoh Data dan Sumber Data Penelitian
Berikut adalah contoh penentuan data dan sumber data untuk penelitian dengan topik yang berbeda pada siswa SMP:
1. Judul Penelitian: "Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP"- Jenis Data: Data primer berupa tanggapan siswa tentang aplikasi pembelajaran.
- Sumber Data: Siswa kelas 8 yang aktif menggunakan aplikasi pembelajaran.
- Teknik Pengumpulan Data: Kuesioner untuk mengukur tingkat motivasi belajar sebelum dan setelah menggunakan aplikasi.
- Jenis Data: Data primer tentang tingkat kesadaran siswa; data sekunder berupa informasi dari artikel atau buku tentang pengelolaan sampah plastik.
- Sumber Data: Siswa SMP yang mengikuti kegiatan lingkungan, serta referensi dari buku atau artikel tentang lingkungan.
- Teknik Pengumpulan Data: Observasi dan kuesioner untuk mengukur tingkat kesadaran siswa; analisis dokumen untuk mendapatkan data sekunder.
- Jenis Data: Data primer berupa pandangan siswa tentang kewirausahaan; data sekunder dari buku atau jurnal tentang ekonomi kreatif.
- Sumber Data: Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler kewirausahaan dan referensi literatur ekonomi kreatif.
- Teknik Pengumpulan Data: Wawancara untuk memperoleh data dari siswa; studi literatur untuk mendapatkan referensi tentang konsep ekonomi kreatif.
- Jenis Data: Data primer berupa persepsi siswa tentang pengaruh media sosial; data sekunder dari artikel jurnal atau buku terkait.
- Sumber Data: Siswa yang aktif menggunakan media sosial dan sumber literatur tentang interaksi sosial.
- Teknik Pengumpulan Data: Kuesioner untuk mengukur dampak media sosial pada interaksi sosial siswa; studi pustaka untuk mendapatkan data sekunder.
- Jenis Data: Data primer berupa hasil wawancara tentang pemahaman siswa mengenai seni tradisional; data sekunder dari literatur seni budaya.
- Sumber Data: Siswa yang mengikuti program seni tradisional dan literatur tentang nilai-nilai budaya.
- Teknik Pengumpulan Data: Wawancara dengan siswa; studi literatur tentang seni tradisional dan nilai budaya.
Dalam menentukan data dan sumber data pada penelitian, siswa SMP sebagai peneliti harus mampu memilih jenis data yang sesuai dengan tujuan penelitian dan memilih sumber data yang relevan. Dengan memahami jenis data dan sumber data yang dibutuhkan, penelitian dapat berjalan lebih terarah, menghasilkan informasi yang valid, serta memperkuat argumen atau temuan dalam penelitian.
No comments:
Post a Comment